عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِاالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَانَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَي اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِمْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَاهَاجَرَ إِلَيْهِ
رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد ابن إسماعيل بن إبراهيم ابن المغيرة ابن بردزبة البخاري وأبو الحسين مسلم بن الحجّاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحَيهما الذَين هما أصح الكتب المصنّفة
Terjemah:
Dari Amiril Mu'minin Abi Hafsh Umar bin Al-Khaththab RA telah berkata: aku telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Bahwasannya segala amal perbuatan tergantung pada niat. Maka barangsiapa yang hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kearah (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya itu karena dunia (harta dan kemegahannya), atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kearah yang ditujuinya”.
Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadits: Abu 'Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah, Al-Bukhari (orang Bukhara), dan Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi, di dalam kedua kitab mereka yang paling shahih diantara semua kitab-kitab hadits.